Taman Rusa Sekupang, Batam, Indonesia – Jogging Track, Children Playground, Educational Tour, & Picnic/ Iconic Photo Spot

By @icha.elfkirsch - June 30, 2022

Patung Rusa yang akan menyambut kehadiranmu


Hi Explorer,

Kali ini aku mau sharing tentang salah satu tempat wisata di Batam yang wajib dikunjungi bersama keluarga, kerabat, sobat, ataupun sendiri. Ini dia, Taman Rusa, Batam. Terletak di Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam yang tentunya strategis dan dapat diakses dengan mudah dengan kendaraan pribadi, ojek online, ataupun kendaraan umum. Kawasan wisata seluas 12.2 hektare ini diresmikan pada hari Jumat, 18 Maret 2022 oleh Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi.


I am going to share you about one of the tourist attractions in Batam that you must be visited with family, relatives, friends, or just alone. Here it is, Taman Rusa, Batam. Located in Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam which is surely strategic and can be accessed easily by private vehicles, online motorcycle taxis, or public transportation. This 12.2-hectare area was inaugurated on Friday, March 18th, 2022 by the Head of the Batam Concession Agency (BP Batam), Muhammad Rudi.


Ada apa aja sih di Taman Rusa ini? Aku bakal ulik satu per satu ya, Explorer!


What’s inside of this Taman Rusa? I'll go over them one by one, Explorer!



1. JOGGING TRACK

Jogging track yang panjangnya 5km dengan lebar 3km dan juga rutenya yang berkelok naik turun, sangat cocok untuk ber-jogging bagi pemula ataupun yang sudah expert. Ditambah dengan adanya pepohonan rindang nan asri membuat jogging track ini lebih sejuk dan menyegarkan, meski ditengah terik matahari yang menyengat.


The jogging track, which is 5km long and 3km wide and has a winding up and down the route, is perfect for beginners or the experts to jog. Coupled with the presence of shady and beautiful trees, this jogging track is cooler and refreshing, even in the midst of the scorching sun.

Jogging Track di area wisata Taman Rusa


2. CHILDREN'S PLAYGROUND


Terdapat beberapa area permainan untuk anak-anak yang tentunya harus tetap dengan pengawasan orang tua.


 There are some play areas for children which surely must remain under parental supervision.

Terdapat cukup banyak area bermain anak-anak yang bisa dimanfaatkan


3. EDUCATIONAL TOUR


Taman Rusa yang dibangun begitu friendly dan greenly sangat layak tak hanya sebagai tempat bermain anak-anak, namun juga sebagai tempat edukasi anak-anak untuk lebih mengenal tentang alam dan juga hewan, seperti rusa, burung, kelinci, angsa, hamster, ayam, kura-kura, dan juga ikan menghiasi mini zoo dari Taman Rusa ini. Nah, makanan untuk hewan-hewan ini juga disediakan oleh pihak pengelola dengan harga bandrol Rp10.000,- seperti wortel, jagung kering, dan juga pelet sehingga anak-anak bisa melihat lebih dekat, mempunyai rasa sayang sesama makhluk hidup, dan belajar tentang konsep konservasi alam.


The Taman Rusa, which was built so friendly and greenly, is worthy not only as a place for children to play but also as a place for children's education to learn more about nature and animals, such as deer, birds, rabbits, geese, hamsters, chickens, turtles, and fish which exist in this mini zoo. Well, food for these animals is also provided by the staff at a price of Rp. 10,000,- such as carrots, dry corn, and also pellets so that the children can see more closely, have compassion for fellow living creatures, and learn about concepts of nature conservation.

Mini Zoo - Rusa

Mini Zoo - Angsa

Mini Zoo - Ikan

Mini Zoo - Kelinci & Hamster

Bird's food - Biji jagung kering

Fish's food - Pelet

Deer's & Rabbit food - Wortel

1.      4. PICNIC/ ICONIC PHOTO SPOT


Well, Explorer juga bisa berpiknik manja di Taman Rusa karena tersedia juga gazebo ataupun area yang bisa digunakan untuk beristirahat dengan menggelar tikar. Beberapa spot foto pun hadir untuk kalian mengabadikan momen-momen indah bersama orang yang dicinta, seperti artifisial Stonehenge, rumah pohon, air mancur, dan juga ikon dari Taman Rusa itu sendiri.


Well, Explorers can also have a pampered picnic at the Taman Rusa as there are gazebos and a large areas that can be used to rest by laying out a mat. Several photo spots are here too for you to capture beautiful moments with your loved ones, such as artificial Stonehenge, tree houses, fountains, and the icon of the Taman Rusa itself.

Stonehenge-nya Taman Rusa nih

Air mancur-nya Taman Rusa akan hidup 7x dalam sehari pada pukul 8.00, 9.30, 11.00, 13.00, 15.00, 16.30, 17.30

1.     5. FOOD & DRINK STALL


Tenang aja buat kalian yang nggak sempet buat nyiapin bekal atau lupa membawa air mineral, karena disana terdapat beberapa stall makanan dan minuman yang kalian bisa dapatkan dengah harga terjangkau.


Don't worry for those of you who don't have time to prepare lunch or forget to bring mineral water, because there are some food and drink stalls that you can get at affordable prices.

Menyediakan berbagai jajanan dan minuman


1.     6. OPERATIONAL HOUR & ENTRY TICKET FEE


Buka setiap hari dari pukul 7.00 pagi sampai dengan pukul 6.00 sore. Untuk harga tiket seperti gambar dibawah ini.


Open every day from 7:00 am to 6:00 pm. For ticket prices as shown below.

Harga tiket masuk dan parkir kendaraan

Banyak area keren kan di dalam Kawasan Taman Rusa, nah stop dulu mageran-nya, saatnya merilekskan pikiran dengan exploring tempat-tempat keren di Batam.


There are many beautiful spots in the Taman Rusa area, so stop being a couch potato and it's time to relax your thoughts by exploring magnificent places in Batam.


Bagi explorer yang sudah pernah ke Taman Rusa, apa nih kesan dan pesannya? Komen dibawah ini ya! Ditunggu cerita-cerita seru kalian.


PS: Don't litter ya! Buang sampah pada tempatnya!


 

  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. Wah sekarang makin keren tempatnya, makin lengkap. Anak2 pasti makin suka kalo diajak ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak cuma anak-anak yang suka kesini ko, semua kalangan juga berbondong-bondong untuk mengabadikan momen mereka disini

      Delete
  2. Taman rusanya makin bagus ya Cha, bawa anak-anak makin seru. Terakhir ke sini masih tahap renovasi. Next, ke sini lagi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, bawa anak-anak kesini gih, sekalian bikin konten hhihi

      Delete
  3. Iyaa Tempatnya bagus kak, baru 2 kali kesana rasanya belum puas 😅, Btw makasih info lengkapnya ka Ica..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan,, kesana lagi gih sama anak-anak Xpose! Ajak hunting mereka biar ada kontennya hihihi

      Delete
  4. Keren yah tempat nya… good job ukh, keep writing yahhh.. 💪💪💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, ukh.. Menulis memang harus dipaksa aku mah hihihi

      Delete
  5. Terakhir ke sini sebelum pandemi. Wah sekarang makin keren ya tempatnya. Ada "Stonehenge" juga. Jadi pengen ngajak bocil-bocil lagi main ke sana. Lihat rusa, air mancur, main di playground.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk Cum, makin lengkap dan tiket masuk & parkirnya juga masih sangat terjangkau harganya..

      Delete
  6. udah ada yang jual jajanan, ini yang aku suka... jadi pengen nyantai nyantai di taman rusa lagi ni, tapi pagi hari biar dapat udara suegaaarrrnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rebahan di gazebo sambil nyemil di Taman Rusa, berasa pindah rumah ya kak hihihi

      Delete
  7. Wah Alhamdulillah Icha sudah punya domain sendiri. Selamat ya semoga istiqomah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, jadi malu ah, teh. Iya domain yang dulu udah expired jd bikin baru. Makasih semangatnya, teh!!

      Delete
  8. Yeai, akhirnya ada yang punya tulisan lengkap setelah baru di buka lagi. Aku sejak awal tahun sampai awal maret ada 3x kesana dan ternyata belum dibuka lagi. Jadi nunggu ada yang nulis lengkap gini. Alhamdulillah tiketnya masih terjangkau walau fasilitas bertambah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy kak, langsung aja kesana! Saran aja, kalo bisa di hari biasa karena kalo pas weekend atau holiday season, ya ampun padat merayap..

      Delete
  9. Exactly, Taman Rusa Sekupang is good place for refreshing, healing, exploring. the place surrounded with nice scenery. Generally Sekupang area very cool area because of it close with forest. Hopefully next time can visit this Mini Zoo Taman Rusa Sekupang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, very green and refreshing. It's very good to do regular exercise here. Stay healthy and healed!

      Delete
  10. ya ampun aku belum pernah ke sini lho bestie kayaknya hari kerja sepi ya , bisa puas foto foto tanpa bocor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bestie, harus hari biasa biar puas bikin konten hihihi

      Delete
  11. Taman Rusa tempat aku jogging dr jaman kecil, bahkan sebelum dibuka untuk umum. Sekarang jadi bagus yaa, jadi pilihan liburan asyik bagi masyarakat Batam.

    ReplyDelete
  12. Lama pengin ke sini sama crucils, belum kesampaian. Sekarang makin lengkap fasilitasnya ya. Dan ini akan menjadi salah satu icon education tourism di Batam nih. Terimakasih kak infonya, lengkap. Ternyata gak mahal masuk sini ya.

    ReplyDelete
  13. Semakin bagus aja ya Taman Rusa ini. Pernah ke sini sekali, tapi belum ada patung rusa dan belum begitu bagus. Eh baca-baca postingan ini jadi bikin tertarik ke sana lagi.

    ReplyDelete