7 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

By @icha.elfkirsch - August 17, 2022

Winning the Best English Category in Miss Factory 2017

7 Reasons for the Importance of Learning English

Hi Explorer,

Kali ini aku bakal ngebahas tentang 7 alasan pentingnya belajar bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui bahwa dijaman kita sekarang, menguasai bahasa lain-terlebih Bahasa Inggris, menjadi sesuatu yang penting karena kita semua pasti tahu bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Dengan kata lain, bahasa Inggris menjadi bahasa penghubung antar satu negara dengan negara lainnya.  Apalagi di era globalisasi sekarang ini, bahasa Inggris bukan lagi digunakan sebagai media komunikasi saja, bahkan bahasa Inggris sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti ketika kita menonton film, bermain game, browsing di internet, bahkan ketika kita keluar rumah dan melihat berbagai baliho iklan yang bertuliskan dalam bahasa Inggris.

I will share about 7 reasons for the importance of learning English. As we know that in our current era, mastering other languages, especially English, is crucial because we are all aware that English is an international language. In other words, English is the language of communication between one country and another. Especially in today's era of globalization, English is no longer used as a communication media, English is very effortless to find in everyday life such as when we watch movies, play games, browse the internet, and even when we leave the house and see various billboards of advertisements written in English.

Hmm, jadi Bahasa Inggris bukan Bahasa asing lagi dikehidupan sehari-hari kita kan, Explorer? Langsung aja kita bahas 7 alasan pentingnya belajar Bahasa Inggris!

Hmm, so English is no longer a foreign language in our daily life, right, explorer? Let's get to know 7 reasons for the importance of learning English.

  • Terbuka lebarnya kesempatan untuk bekerja (Opening-up employment opportunities)

Salah satu alasan paling penting dalam mempelajari bahasa Inggris salah satunya adalah kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang lebih layak terbuka lebar. Menguasai bahasa internasional akan menambah nilai plus untukmu dalam melamar pekerjaan. Apalagi di Batam yang mayoritas perusahaannya adalah perusahaan asing yang notabene kita diharuskan menguasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan jajaran pekerja dari negara lain. Nah, dengan ilmu komunikasi dalam bahasa Inggris yang baik, kamu juga bisa memiliki jenjang karir yang bagus bukan hanya di dalam negeri, namun juga dikancah internasional. Mantab bukan?

One of the most important reasons for learning English is the opportunity to get a more decent job. Mastering international languages will add a plus for you in applying for jobs. Moreover, in Batam, where most of the companies are foreign companies, we are required to master English to communicate with workers from other countries. Well, with good communication skills in English, you can also have a good career path nationally and internationally. Isn't it great?

Working in one of the international company

  • Kesempatan untuk belajar ke luar negeri (Opportunity to study abroad)

Universitas-universitas diluar negeri tidak diragukan lagi kualitasnya - sistem belajar mengajar dari dosen-dosen ataupun professor-profesor yang mumpuni, fasilitas yang sangat lengkap, lingkungan belajar yang memadai, dan juga gelar bergengsi kalo kita lulus dari universitas di luar negeri. Wih, seru kan? Nah, mempelajari bahasa Inggris menjadi hal yang sangat wajib untuk bisa mendaftar kuliah di luar negeri karena kamu diharuskan untuk memenuhi persyaratan lulus skor IELTS ataupun TOEFL IBT.

There is no doubt about the quality of overseas universities - teaching and learning systems from qualified lecturers or professors, very complete facilities, good learning environment, and prestigious degrees if we graduate from universities abroad. Wow, fantastic right? Learning English is very mandatory to be able to apply to study abroad because you are required to meet the requirements for passing IELTS or TOEFL IBT scores.

  • Mempermudah kalian untuk berwisata ke negara lain (Easier to travel abroad)

Siapa sih yang nggak suka meng-explore negara lain? Negara-negara lain menyuguhkan pemandangan alam dan iklim yang berbeda dengan negara kita. Kita bisa menikmati salju ataupun musim gugur yang tidak kita temukan di Indonesia. Dengan menguasai bahasa Inggris, akan mempermudah hari-harimu di negara lain, semisal untuk memahami pengumuman di bandara, jadwal kereta api, informasi darurat, rambu-rambu jalan, atau sekedar untuk membeli makanan di restoran. Meski kamu bepergian ke negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tenang, kamu bakal nemuin dengan mudahnya orang yang bisa berbahasa Inggris.

Who doesn't like to explore other countries? Other countries present different natural landscapes and climates from ours. We can enjoy snow or autumn which we do not find in Indonesia. By mastering English, it will make your days in other countries more accessible, such as understanding announcements at airports, train schedules, emergency information, road signs, or just buying food at restaurants. Even if you travel to a country where the main language is not English, don't worry, you will easily find people who can speak English.

Traveling to Singapore

  • Memiliki banyak teman mancanegara (Have many foreign friends)

Dengan memiliki banyak teman dari berbagai negara, kita bisa mempelajari budaya dari negara lain, berbagi cerita dan pengalaman hidup di negara lain, bahkan kita juga bisa memperluas koneksi untuk berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan ataupun hal lain yang tentunya sangat menarik.

By having many friends from various countries, we can learn about cultures, share stories and experiences of living in other countries, and we can expand our connections to share information about job vacancies or other things that are certainly very interesting.

Having friends from other countries

  • Menghadiri seminar yang diadakan di negara lain (Attending seminars abroad)

Salah satunya ini nih yang aku incar, Explorer. Pernah dengar tentang TEDx Talk? Singkat cerita tentang TEDx Talk adalah sebuah pameran untuk pembicara yang menyajikan ide-ide hebat dan terbentuk dengan baik dalam waktu kurang dari 18 menit. Nggak Cuma nge-sharing tentang teknologi aja, tapi juga ilmu ilmiah, budaya, psikologi, bahkan tentang pemaknaan kehidupan. Bisa dibaca di link ini ya untuk membaca pengalaman aku mengikuti TEDx di Singapore TEDx Talk by ELIM CHEW in Nanyang Technological University (NTU) Singapore - Icha the Explorer

One of the seminars I always being excited to attend, Explorer. Ever heard about TEDx Talk? TEDx Talk is a showcase for speakers who present great, well-formed ideas in under 18 minutes. Not only sharing about technology, but also scientific knowledge, culture, psychology, and the meaning of life. You can read it at this link about my experience attending TEDx in Singapore TEDx Talk by ELIM CHEW in Nanyang Technological University (NTU) Singapore - Icha the Explorer

Attending TEDx Talk in Singapore Nanyang Technological University

  • Terpilih sebagai delegasi dalam konferensi internasional (Elected as delegate in international conference)

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk mengikuti konferensi internasional yang bergengsi. Berbagi pengalaman nih ya, di tahun 2017 aku terpilih sebagai delegasi dari Indonesia untuk mengikuti Asia Pasific Future Leader Conference yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan dihadiri oleh berbagai delegasi dari negara-negara Asia Pasific. Membawakan tema Sustainable Development Goals, aku memilih SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan sebagai projek aku. Seru banget deh ikutan konferensi internasional kayak gini.

By mastering English, you can register yourself to take part in prestigious international conferences. Sharing my experience in 2017, I was selected as a delegate from Indonesia to attend the Asia Pacific Future Leaders Conference held in Kuala Lumpur, Malaysia, and was attended by various representatives from Asia Pacific countries. Bringing the theme of Sustainable Development Goals, I chose SDG number 4, Education as my project. It's fun to join an international conference like this.

Delegate from Indonesia for Asia Pacific Future Leader Conference 2017

  • Berbagi skill bahasa Inggris kepada mereka yang membutuhkan (Sharing the English skills to those who need it)

Nah, kita pun bisa berbagi skill bahasa Inggris kita ke anak-anak yang membutuhkan, seperti anak-anak yatim piatu dan dhuafa. Dengan membagikan ilmu, kita juga bisa me-refresh pelajaran bahasa Inggris yang pernah kita pelajari. Kita juga bisa membantu mereka menyiapkan mental dan bekal untuk menghadapi era globalisasi dimana bahasa Inggris sangat penting untuk masa depan mereka.

We can share our English skills with children in need, such as orphans and poor ones. By sharing knowledge, we can also refresh the English lessons we have learned. We can also help them mentally and prepare them to be ready to face the era of globalization where English is very important for their future.

Teaching English in Juara Primary School

Sudah 7 alasan yang aku bagi ya, Explorer. Menurut kamu, apa sih pentingnya mempelajari Bahasa Inggris?

I have shared 7 reasons ya Explorer. According to you, what is the importance of learning English?

 

Dimana belajar Bahasa Inggris yang mumpuni? Aku punya solusi nih. Kalian bisa mendaftarkan diri di kelas Bahasa Inggris aku, @littlesclass. Dengan system belajar yang seru dan juga padat ilmu, kamu bakal lebih gampang mempelajari 4 skills bahasa Inggris, yaitu Speaking, Reading, Writing, dan juga Listening. Bisa dikepo-in di instagramnya ya @littlesclass.

Where to learn good English? I have a solution here. You can enroll in my English class, @littlesclass. With an exciting and knowledge-intensive learning system, it will be easier for you to learn 4 English skills - Speaking, Reading, Writing, and Listening. You can take a look on the Instagram @littlesclass.

 

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Fakta banget Point no 1:D

    ReplyDelete
  2. Banyak manfaatnya
    Klo sekarang, rasanya anak2 kecil rata² pinter bahasa inggris secara otodidak.
    Gegara tontonan skrg menjangkau manca negara.
    Netflix, disney, youtube.
    Rata rata menggunajan bahasa inggris

    Keren kak !

    ReplyDelete
  3. saya setujuuuuuu pake banget. penting dan perlunya belajar bahasa inggris ini.

    ReplyDelete