D'Steam Peranakan Live Seafood - Memanjakan Lidah dengan Cita Rasa Khas Peranakan

By @icha.elfkirsch - October 27, 2017






Hi Foodie..
As we know, Batam adalah kota dimana surganya sefood dan seafood tersendiri merupakan makanan yang paling diminati oleh para foodie.  Well, saya akan ceritakan pengalaman icip-icip di salah satu resto seafood di Batam, D’STEAM PERANAKAN LIVE SEAFOOD yang telah hadir di Batam sejak tanggal 23 September 2017.

History dari Peranakan
Peranakan? Mungkin terdengar sedikit asing di telinga, saya pun juga begitu. Luckily, ketika memasuki resto ini, terpampang history dari peranakan itu sendiri. Orang Peranakan, Tionghoa Peranakan (atau hanya "Peranakan", dan "Baba-Nyonya" di Malaysia) adalah istilah yang digunakan oleh para keturunan imigran Tionghoa yang sejak akhir abad ke-15 dan abad ke-16 telah berdomisili di kepulauan Nusantara (sekarang Indonesia), termasuk Malaya Britania (sekarang Malaysia Barat dan Singapura). Di beberapa wilayah di Nusantara sebutan lain juga digunakan untuk menyebut orang Tionghoa Peranakan, seperti "Tionghoa Benteng" (khusus Tionghoa-Manchu di Tangerang) dan "Kiau-Seng" (di era kolonial Hindia Belanda). Dari pengaruh Melayu yang unik, Masakan Peranakan (atau juga disebut Masakan "Nyonya" di Singapura dan Malaysia) telah dikembangkan dengan menggunakan rempah-rempah khas Melayu.

Nuansa dari DSteam Peranakan Live Seafood
Well, udah tahu history dari peranakan kan? Cus kita langsung masuk kerestonya. Nuansa yang dihadirkan pun klasik dengan tema tempo dulu dari abad peranakan. Disini juga disediakan photo boot bagi para pelanggan yang ingin mengabadikan momen bersama di D'Steam Peranakan Live Seafood.

Photoboot D'Steam Peranakan Live Seafood
Di D’Steam Peranakan Live Seafood ini, semua menu dimasak fresh sehingga cita rasa yang disajikan pun begitu sempurna. Para foodie juga bisa memilih sendiri jenis seafood yang ingin dimasak secara live. Beberapa jenis menu seafood yang disajikan berupa ikan, gonggong, kepiting, tiram, sotong, cumi, udang, dll.
Berbagai jenis ikan

Gonggong

Kepiting
Udah pada ngiler kan apa aja yang disajikan di sini. Tentu menu spesialnya adalah seafood. Tapi ada salah satu menu yang menjadi andalan dari D’Steam Peranakan Live Seafood ini, yaitu ikan pedas kering peranakan. Karena masakan khas peranakan dibumbui berbagai macam rempah-rempah Melayu, menjadikan cita rasa di setiap menu yang disajikan begitu memanjakan lidah para foodie.


Sawi Minyak Bawang Putih

Kepiting Pedas Peranakan

Ayam Daun Kemangi

Steam Jamur Shitake Ayam

Sop Ikan Pedas Peranakan

All menu is served
Hey, nggak cuma ada seafood aja lho disini. Ada beberapa menu lain juga seperti berbagai jenis menu ayam, nasi goreng, dan berbagai menu sayuran. Tentunya menu-menu ini juga dimasak dengan cita rasa peranakan. Lazis dech pokoknya.

Foodie! Selain rasa seafood yang enak, mengkonsumsi seafood juga ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Yuk simak ulasan beberapa manfaat dari mengkonsumsi seafood dibawah ini :
1.      Kaya protein
Makanan laut merupakan sumber protein paling baik dibandingkan dengan ayam dan daging sapi. Ikan yang berasal dari laut dalam memiliki kadar lemak rendah yang tidak akan membuat tubuh Anda gemuk.
2.      Mengandung asam lemak Omega 3
Asam lemak Omega 3 sangat diperlukan dalam regenerasi sel tubuh. Beberapa jenis ikan yang paling banyak mengandung enzim tersebut, adalah salmon, sarden, dan makerel.
3.      Melindungi dari penyakit jantung
Asam lemak Omega 3 yang terkandung pada jenis ikan, udang, dan cumi mampu mengurangi kolesterol dalam darah. Tentu saja bila dimasak tanpa tambahan lemak jahat lain, seperti minyak goreng dan santan.
4.      Meningkatkan kesuburan
Kandungan protein dan Omega 3 yang tinggi membuat ikan dan kerang sangat baik bagi organ reproduksi. Pasangan suami istri yang mendambakan buah hati, sebaiknya rajin mengonsumsi ikan salmon matang. Hal ini bisa meningkatkan peluang kehamilan hingga dua kali lipat.
5.      Mencegah depresi dan penyakit mental
Beberapa komponen gizi pada ikan, kerang, dan udang, seperti asam amino dan Omega 3, terbukti mengurangi risiko depresi, demensia, dan penyakit Alzheimer.

Ingat ya foodie, konsumsilah makanan dengan batas sewajarnya! Kalau over konsumsi malah akan menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh. So, Be wise ya foodie!! 
Kuy guys, tunggu apa lagi. Samperin gih ke D’Steam Peranakan Live Seafood.
______________________________________________________________

D'STEAM PERANAKAN LIVE SEAFOOD
Komp.Kampung Seraya Blok II No.2
(Belakang Hotel Seruni / RS. Harapan Bunda)
Seraya - Batam

Nomor Telepon D'Steam
0778-4881809

Salam Tulis dari BLOGGER KEPRI


  • Share:

You Might Also Like

0 comments